10 Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia

Rangkaian 10 Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia. Bagi anda yang sering berpergian ke luar negeri, pemilihan maskapai penerbangan adalah sesuatu yang sangat penting. Keamanan yang ditawarkan oleh tiap maskapai penerbangan menjadi salah satu pertimbangan untuk menjamin rasa aman. Tetapi itu saja belum cukup, kita juga harus memperhatikan pelayanan, kenyamanan, dll. 

Satu kosultan kemanan penerbangan di Eropa, Europe's Jet Airliner Crash Data Evaluation Centre (JACDEC), baru-baru ini merilis indeks peringkat keamanan berbagai maskapai penerbangan. Indeks keamanan itu dihitung berdasarkan jumlah insiden serius yang dialami maskapai penerbangan selama 30 tahun. Angka ini kemudian dibandingkan dengan jumlah waktu terbang bersama penumpang (revenue passenger kilometers) pada periode yang sama. Maskapai-maskapai penerbangan itu juga dibandingkan dengan indeks keamanan maskapai lain yang dijadikan patokan.

Berikut adalah 10 Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia versi kosultan itu:


1 Finnair

2 Air New Zealand

3 Cathay Pacific

4 Emirates

5 Etihad

6 Eva Air

7 TAP Portugal

8 Hainan Airlines

9 Virgin Australia

10 British Airways, Inggris



Menariknya, tidak ada satu pun maskapai penerbangan Amerika yang menduduki 20 besar. Ranking-ranking berikutnya adalah Lufthansa (di posisi 11), ANA (12), Qantas (13), Virgin Atlantic (15), EasyJet (17), Thomas Cook Airlines (18), Jetstar Airways (20), Qatar Airways (22), Thomsonfly (26), Air Asia (29), Singapore Airlines (30), Ryanair (32), Malaysia Airlines (35), China Southern Airlines (48), South African Airways (52), Thai Airways International (53), Air India (58), dan China Airlines (60).


Total, 496 kecelakaan fatal terjadi pada berbagai maskapai penerbangan komersial pada 2012. Lebih sedikit dua kasus dibanding 2011.