10 Sumber Nutrisi Makanan Untuk Mengatasi Stres

10 Sumber Nutrisi Makanan Untuk Mengatasi Stres ini dapat membantu kawan untuk mengatasi stress, karena kandungan yang ada didalamnya. Mengatasi stress pada dasarnya cukup dengan hidup yang teratur dan mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh kawan. Nutrisi Makanan untuk mengatasi stress tersebut antara lain seperti dibawah ini, 10 Sumber Nutrisi Makanan Untuk Mengatasi Stres;


  1. Vitamin B Kompleks
    Kekurangan asupan Vitamin B kompleks akan memperburuk mood Anda saat mengalami kecemasan dan depresi. Vitamin ini menjaga sistem saraf agar berfungsi dengan baik, menjaga sistem pencernaan, dan produksi energi.
    Sumber Vitamin B: biji-bijian, beras merah, susu, kacang-kacangan, sayuran hijau, makanan laut, daging, telur, dan buah kering.

  2. Vitamin C 
    Konsumsi Vitamin C secara teratur dapat membantu menurunkan tingkat hormon pemicu stres dalam darah dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat stres.
    Sumber Vitamin C: semua jenis buah jeruk dan buah berry, stroberi, melon, kiwi, brokoli, kubis, kol kentang, cabai, dan tomat.

  3. Magnesium 
    Stres dapat menguras kadar magnesium dalam tubuh dalam jumlah besar. Kekurangan magnesium menyebabkan otot tegang dan kram. Magnesium sangat diperlukan untuk merelaksasi otot dan juga mengatasi stres akibat cedera.
    Sumber Magnesium: sereal gandum, kacang-kacangan, biji wijen, buah ara kering, dan sayuran hijau.

  4. Kalsium 
    Kalsium diperlukan tubuh agar sistem saraf dan otot dapat bekerja dengan baik. Tubuh memerlukan kalsium dalam jumlah besar untuk mengatasi stres.
    Sumber Kalsium: susu skim, yogurt rendah lemak, keju, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan ikan.

  5. Zinc/Seng
    Orang yang stres biasanya memiliki kadar zinc/seng yang rendah dalam tubuhnya. Zinc sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memerangi infeksi.
    Sumber Zinc: kerang, daging merah, kacang-kacangan, biji bunga matahari, kuning telur, susu, dan gandum.

  6. Tembaga
    Tembaga sangat bermanfaat untuk melindungi sistem kekebalan tubuh pada saat Anda terkena stres.
    Sumber Tembaga: Daging, tiram, kacang-kacangan, polong-polongan, dan gandum.

  7. Potasium
    Potasium membantu agar sistem saraf tetap berfungsi dengan baik selama stres.
    Sumber Potasium: susu rendah lemak, pisang, buah plum kering, dan kismis.

  8. Kromium
    Kromium berguna untuk mengontrol tingkat kolesterol dalam darah dan membantu melindungi jantung serta melancarkan sirkulasi darah.
    Sumber kromium: jamur dan kacang-kacangan, seperti kenari, kacang tanah, kacang mede, almon, dan sebagainya.

  9. Besi
    Zat besi sangat penting untuk memproduksi hemoglobin dalam sel darah merah. Zat besi akan membawa oksigen ke seluruh tubuh, untuk mengatasi rasa lelah dan membantu pernafasan tetap stabil.
    Sumber Zat besi: kedelai, buncis, kerang-kerangan, buah peach, sayuran berwarna hijau tua, daging-dagingan, dan lain-lain.

  10. Selenium 
    Selenium berfungsi untuk melindungi sistem kekebalan tubuh dan membantunya memproduksi dan mengatur berbagai jenis hormon seperti hormon tiroid.
    Sumber Selenium: kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan kacang polong, ayam tanpa kulit, susu rendah lemak, ikan, udang, kepiting, dan sarden.


10 Sumber Nutrisi Makanan Untuk Mengatasi Stres dapat membantu kawan mengatasi stress hanya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi kawan setiap harinya.