Apa Perbedaan Mendasar Joomla dan Wordpress ?

Joomla dan Wordpress tentu sesuatu yang tidak asing bagi kita, tapi taukah kawan Apa Perbedaan Mendasar Joomla dan Wordpress ? Banyak yang bisa diuraikan dari Joomla dan Wordpress,  mulai dari kelebihan sampai dengan kekurangan. Dan mungkin kawan juga belum paham tentang Joomla dan Wordpress, untuk itu saya akan share kepada kawan dari beberapa sumber.  Apa Perbedaan Mendasar Joomla dan Wordpress ?



  • Dalam hal SEO kedua CMS ini mempunyai kelebihan masing-masing. Joomla memerlukan setting tertentu untuk menaikkan SEO seperti menambah tags, merubah URL, sitemap dan ping. Untuk kalangan webmaster hal ini mungkin bukan hambatan, tapi bagi blogger newbie seperti blogger amatiran ini, hal ini jelas merupakan suatu tantangan bahkan mungkin hambatan. Sedangkan pada wordpress hal-hal yang berhubungan dengan SEO sudah tersedia kecuali sitemap, namun sitemap dapat diinstal dengan mudah.

  • Dalam hal design themes Joomla lebih unggul dibandingkan dengan Wordpress yang lebih mengutamakan penghematan memory hosting, sepertinya dalam hal ini Wordpress lebih cocok buat blog amatiran ini yang perlu menghemat space karena cuma mampu beli hosting dengan space kecil.

  • Untuk masalah plugin kedua CMS ini menurut mereka tidak ada masalah karena para pengembang masing-masing sudah menyiapkan, tinggal didownload saja secara gratis, yang membedakan hanya cara penginstalannya saja. Kalau yang ini sepertinya blog amatiran ini tidak ada masalah.

  • Tingkat kesulitan di antara kedua CMS ini, Joomla sedikit lebih ribet dibanding Wordpress, menurut mereka hal ini akan ditemui ketika akan membuat postingan, Module (Joomla) dan Widget (Wordpress), Categories di Wordpress lebih mudah dipahami karena sudah support Bahasa Indonesia, dan lain-lain. Inilah yang membuatku masih ragu menggunakan Joomla, tingkat kesulitannya itu lho.

  • Salah satu kelebihan Joomla (lagi-lagi kata mereka) adalah komponen Forum terintegrasi langsung dengan Joomla itu sendiri, sehingga antara forum dan blog dapat menyatu, sedangkan di Wordpress Forum dan Blog harus dipisahkan walaupun tetap bisa dalam satu database. Inilah hal penting yang membuat saya tertarik menggunakan Joomla ini.
Semoga Perbedaan Mendasar Joomla dan Wordpress diatas dapat menambah pengetahuan saya dan kawan.