Kuliner Madura - Rujak Mata Sapi

Kuliner Madura - Rujak Mata Sapi menjadi rangkaian kata di menu kuliner kita kali ini. Di Madura, anda harus mencoba rujak khas ini. Rujak Mata Sapi, sebagaimana dengan rujak yang lain memiliki komposisi bumbu dan bahan yang sama. Ada bumbu kacang yang diulek dengan cabai rawit, lontong, kecamba, kacang panjang dan kankung kukus. Jika ada pembeli yang suka buah, maka akan ditambah dengan irisan bengkoang, jambu mente, ketimun dan nanas matang. Dan satu bahan terakhir yang tak boleh ketinggalan yaitu bola-bola mata sapi yang memang menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri.

Rujak Mata Sapi, untuk cara memasak mata sapi sama dengan cingur yakni direbus beberapa menit. Bedanya, jika cingur direbus dengan kepala sapinya, maka bola mata sapi direbus terpisah dalam kepala sapi. Waktu perebusan sekitar 30 menit, hingga bola mata sapi pecah dan siap dihidangkan. "Sama dengan rujak lain, bedanya cuma pada bahan.



Jika anda ingin mencoba rujak khas Madura ini, anda dapat mencobanya di warung kenikmatan di jalan KH Mohammad Kholil, Desa Demangan, Kecamatan Kota, Kabupaten Bangkalan. Buka dari pagi hingga sore setiap hari, penikmat rujak mata sapi tak pernah sepi. Dibandrol seharga Rp 10 ribu perporsi, tidak kurang dari 50 porsi rujak mata sapi ludes diboyong pembeli. "Setiap hari habiskan 5 sampai 6 kilogram mata sapi," kata Marinten, si empunya warung rujak mata sapi.

1 komentar:

Author
avatar

Mantap sekali untuk buka puasa.

Balas