Responsive Ads Here

Minggu, 14 Juli 2013

Hikmah Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci penuh pengampunan. Tahukah kawan Hikmah Puasa di Bulan Suci Ramadhan? Yup, dengan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini ada banyak sekali Hikmah yang dapat kita ambil. Tetapi hikmah yang utama Puasa di Bulan Suci Ramadhan ini antara lain;



1. Meningkatkan ketaqwaan
Sebagaimana firman Allah dalam Alquran, “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al-Baqarah: 183).


2. Meningkatkan rasa syukur atas segala nikmat Allah
Wahai orang-orang kaya, bersedekahlah kepada orang-orang fakir pada bulan Ramadhan mulia ini, memberilah seperti pemberian orang yang tidak takut miskin. Berdermalah dengan harta dan kebaikan kepada saudara-saudaramu yang membutuhkan, jadilah orang yang mensyukuri nikmat Allah. Rasulullah SAW telah bersabda: “Allah sungguh ridha pada hamba yang memakan makanan lalu memuji-Nya atas makan itu atau meminum minuman lalu memuji-Nya atas minuman itu” (HR. Muslim).

3. Orang yang berpuasa menyibukkan hatinya dengan pikir dan zikir.
Karena bila menuruti hawa nafsunya maka akan membuatnya lalai bahkan mengeraskan hati. Karena itu Rasulullah SAW mengarahkan untuk meringankan makan dan minum. Sabda Rasulullah : "Tidak ada wadah yang diisi penuh oleh anak Adam yang lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam itu suapan yang dapat menegakkan punggunya, jika dia tidak mampu, maka 1/3 untuk makanannya, 1/3 untuk minumnya dan 1/3 untuk nafasnya" (HR. Ibnu Majah).
Semoga Hikmah Puasa di Bulan Ramadhan ini, dapat membuat kita menjadi pribadi yang senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Amin Ya Robbal 'Alamin.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar