Responsive Ads Here

Senin, 30 September 2013

Informasi dan Syarat CPNS KOMINFO 2013

Berikut ini Informasi dan Syarat CPNS KOMINFO 2013. Registrasi CPNS KOMINFO ini dibuka dari 25 September sampai 6 Oktober 2013. Informasi dan Syarat CPNS ini saya ambil langsung dari INFORMASI PENGADAAN CPNS KOMINFO 2013. Dibawah ini syarat CPNS KOMINFO serta informasi yang sekiranya penting bagi kawan.



Syarat CPNS Kominfo

Syarat-syarat umum :
  • Warga Negara Republik Indonesia.
  • Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Bersedia tidak melakukan korupsi dengan menandatangani pakta integritas.
  • Tidak Berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon Anggota/Anggota TNI/POLRI.
  • Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik.
  • Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri atau pegawai swasta.
  • Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Unit Kerja di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.
  • Berkelakuan baik, berbadan sehat baik jasmani maupun rohani dan bebas dari narkoba dan zat adiktif lainnya (dibuktikan dengan surat keterangan catatan kepolisian dan surat keterangan sehat dari dokter yang harus dilengkapi setelah lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) )
Selain itu dikenakan juga beberapa syarat khusus untuk CPNS Kominfo :
  • Usia:
    • S1/D-IV dan S2 : paling tinggi 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2013
    • D-III : paling tinggi 30 tahun pada tanggal 1 Desember 2013
  • Berijazah sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang telah ditetapkan.
  • Terakreditasi A dan untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri harus diakui oleh Kemdikbud (Surat Tanda Lulus Sementara Tidak Berlaku).
  • TOEFL/TOEFL Prediction dari Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi dengan nilai minimal 450.
  • Sertifikat TOEFL diwajibkan saat verifikasi fisik. Saat registrasi online belum diwajibkan memiliki Sertifikat TOEFL.
  • Pelamar merupakan lulusan:|
    • Diploma III (D.III) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
    • Sarjana (S.1) atau Diploma IV (D.IV) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
    • Master/Magister (S.2) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,25 (tiga koma dua lima);
  • Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat pengesahan dari Ditjen Perguruan Tinggi disertai konversi IPK ke dalam skala 4.
  • Untuk Pelamar Formasi Khusus bagi Putra/i Papua harus dibuktikan dengan akte kelahiran pelamar dan orang tua (Bapak dan Ibu atau salah satunya adalah asli dan lahir di Papua) dan Kartu Keluarga.
  • Untuk Pelamar Formasi Khusus bagi Disabilitas Fisik (penyandang tuna daksa kaki) dibuktikan dengan mengirimkan Foto berwarna terbaru seluruh badan ukuran 4R.


Dokumen-dokumen yang dipersyaratkan :

Pada saat registrasi online :
  • Pasfoto berwarna terbaru.
  • Fotokopi ijasah pendidikan terakhir yang dilegalisir.
  • Untuk proses penerimaan CPNS, dipersyaratkan Ijasah Pendidikan terakhir, sedangkan Surat Tanda Kelulusan TIDAK BERLAKU. Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijasah dari Dikti - Kemdikbud, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijasah.
  • Surat Keterangan Akreditasi dari BAN-PT bagi ijasah yang tidak mencantumkan akreditasi.
  • Fotokopi transkrip nilai pendidikan terakhir yang dilegalisir.
  • Bagi Formasi Khusus Putra/i Papua harus mengunggah akte kelahiran Pelamar dan orang tua (Bapak dan Ibu atau salah satunya asli dan lahir di Papua) dan Kartu Keluarga dalam format PDF.
  • Bagi Formasi Khusus Disabilitas Fisik (penyandang tuna daksa kaki) harus mengunggah (upload) Foto berwarna terbaru seluruh badan ukuran 4R (format JPEG dengan ukuran kurang dari 100 KB).
  • Seluruh dokumen harus dipersiapkan dalam bentuk berkas elektronik :
    • Pasfoto dalam format JPEG dengan ukuran kurang dari 100 KB,
    • Foto Berwarna terbaru seluruh badan dalam format JPEG dengan ukuran kurang dari 100 KB (Formasi Khusus Disabilitas Fisik)
    • Seluruh dokumen yang dipersyaratkan di atas dipindai menjadi satu berkas dijital dalam format PDF dengan ukuran kurang dari 500 KB. 


Pada saat verifikasi fisik sebelum Ujian Tes Kemampuan Dasar (TKD) :
  • Kartu Peserta Tes Kompetensi Dasar (TKD) dapat diambil langsung oleh pelamar setelah melewati verifikasi fisik di lokasi tes dengan membawa:
    • Nomor Registrasi/Pendaftaran Online.
    • Ijazah asli pendidikan terakhir dan fotocopy.
    • Transkrip nilai asli pendidikan terakhir dan fotocopy.
    • Surat Keterangan Akreditasi dari BAN-PT untuk yang tidak mencantumkan akreditasi pada ijazah dan Fotocopy.
    • Sertifikat TOEFL asli dan fotocopy.
    • KTP asli dan fotocopy.
    • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 1 lembar.
    • Akte kelahiran asli pelamar dan orang tua (Bapak dan Ibu atau salah satunya asli dan lahir di Papua) dan fotocopy.
  • Berkas harus ditunjukkan pada petugas verifikator di lokasi. Ketidaklengkapan atau ketidaksesuaian berkas berakibat pencabutan hak mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD).



Pilihan unit kerja di bawah Kominfo

    Sebelum melakukan registrasi pastikan untuk mengetahui detail satuan kerja yang Anda minati melalui halaman FORMASI. Dalam registrasi lamaran, setiap pelamar diberi kesempatan untuk memilih 1 satuan kerja.



Jumlah lowongan dan syarat IPK minimum

    Jumlah lowongan yang dibuka untuk tahun 2013 sebanyak 132 orang. Sesuai Surat Keputusan Menteri PAN dan RB no 215/2013 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Kominfo TA 2013, tersedia 132 orang yang dibuka untuk umum kecuali 3 formasi untuk putera daerah Papua. Sehingga tersedia 129 orang yang dikompetisikan bebas.

    Secara umum IPK minimal untuk CPNS adalah 2,75 dengan skala 4,00. Namun untuk Kominfo, akan dilakukan pemeringkatan pada tahap verifikasi administrasi untuk menentukan pelamar yang dipanggil untuk mengikuti Ujian TKD sampai sebanyak lebih kurang 15 kali jumlah formasi untuk setiap bidang kompetensi. Sehingga tidak semua pelamar dengan IPK diatas IPK minimum akan dipanggil untuk mengikuti Ujian TKD.

    Dari hasil pemeringkatan Ujian TKD terhadap seluruh pelamar yang melampaui nilai minimal yang ditetapkan oleh BKN, untuk ujian TKB akan dipanggil lebih kurang 3 kali jumlah formasi untuk setiap bidang kompetensi.


Kesesuaian bidang studi, profesi, tingkat pendidikan dan satuan kerja yang diminati

    Perlu dipahami bahwa setiap satuan kerja membutuhkan personil dari berbagai tingkat pendidikan (D3, D4, S1, S2, S3) dengan berbagai latar belakang ilmu. Untuk itu pastikan personil yang dibutuhkan satuan kerja pilihan Anda melalui halaman FORMASI. Perhatikan dan sesuaikan minat dengan spesifikasi khusus (bila ada) yang tertulis.

    Khususnya untuk syarat tingkat pendidikan, tidak diharuskan melamar dengan tingkat pendidikan terakhir. Bila pelamar berminat pada formasi dengan tingkat pendidikan lebih rendah dari yang dimiliki, maka pada kolom PENDIDIKAN TERAKHIR harus dituliskan perguruan tinggi dan ijasah dari tingkat pendidikan formasi tersebut. Perlu diingat bahwa syarat usia dan tahun kelulusan mengikuti ijasah dari tingkat pendidikan yang dipakai untuk melamar !


Perjanjian bagi pelamar

    Poin-poin berikut merupakan perjanjian yang berlaku bagi seluruh pelamar CPNS Kominfo TA 2013 :
  • Sistem Informasi Penerimaan CPNS Kominfo ini merupakan satu-satunya informasi dan layanan resmi terkait dengan Penerimaan CPNS Kominfo.
  • Pelamar wajib mengikuti informasi terbaru yang disampaikan melalui situs ini secara berkala.
  • Kesalahan / kelalaian mengikuti prosedur yang ditetapkan dan berakibat langsung maupun tidak langsung pada pelamar merupakan tanggung-jawab pelamar.
  • Panitia Penerimaan CPNS Kominfo tidak menerima kontak langsung baik melalui tatap muka maupun alat komunikasi lainnya terkait dengan seluruh proses Penerimaan CPNS Kominfo.
  • Pengirim data lamaran dianggap telah membaca dan memahami seluruh proses yang telah ditetapkan.
  • Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seluruh proses seleksi dan telah ditetapkan sebagai CPNS, tetapi mengundurkan diri maka wajib membayar denda sebesar Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) yang akan disetorkan ke kas Negara.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar